Gimp - Aplikasi Manipulasi Gambar Gratis

Apakah Gimp ?


Jika Anda memiliki hasil jepretan kamera dan Anda merasa perlu memberikan polesan disana-sini agar gambar atau foto tersebut terlihat lebih jelas atau lebih hidup, atau Anda ingin menambahkan efek dan hiasan tertentu pada foto tersebut sehingga lebih indah dan menarik, maka biasanya salah satu perangkat lunak yang Anda ingat adalah Photo***p ....
Sebelum membahas lebih jauh, silahkan mengunduh file instalasinya disini
Gimp mungkin jarang dan bahkan baru Anda ketahui saat ini, tapi tahukah Anda bahwa Gimp memiliki fasilitas yang bisa diandalkan dan hasil yang didapatkan tidak jauh berbeda dengan editor grafis ternama lainnya. Salah satu kelebihan Gimp adalah kecepatan dan ukuran program yang tidak terlalu besar sehingga bisa digunakan melalui flashdisk dan media portable lainnya.

Dari segi antar muka (Graphic User Interface (GUI)), Gimp menggunakan sistem yang terpisah dengan kanvas sehingga tiap kanvas dapat dipindahkan tanpa memindahkan keseluruhan program, selain itu fungsi toolbox (kotak alat) yang tidak terlalu rumit dan cukup mudah dipahami untuk seorang pemula. Fasilitas hotkey atau keyboard shorcut (tombol pintasan) sangat membantu untuk mempercepat proses editing dan menghilangkan serangkaian klik tetikus yang menghabiskan waktu.   

Salah satu fitur Gimp yang dapat digunakan dalam proses editing adalah filter dan fx-foundry, fitur-fitur ini menyediakan ratusan efek dan fungsi  untuk menghasilkan hasil editing yang memuaskan. Salah satu fungsi yang sangat mengesankan adalah Alpha to Logo, dimana fungsi ini memberikan kemudahan untuk menghasilkan efek yang luar biasa hanya dengan beberapa pengaturan atau tidak sama sekali. Contohnya jika Anda ingin membuat efek teks yang terlihat seperti besi, maka cukup membuat layer transparan dan ketikkan teks anda lalu pilih menu Filter - Alpha to Logo - Chrome, tapi perlu diingat, jangan membuat layer teks pada kanvas yang memiliki gambar, tapi gunakan kanvas baru kemudian copy hasilnya lalu paste pada kanvas yang ingin diberi teks tersebut. Selain fungsi yang telah tersedia, Anda dapat pula menggunakan plugin lain yang tersedia disini


Gimp memang memiliki kekurangan dibandingkan editor grafis ternama lainnya, namun dengan sedikit keterampilan, kekurangan tersebut bisa di atasi. Salah satu kekurangan yang dimiliki adalah manajemen layer yang kurang fleksibel, dimana layer tidak dapat kelompokkan pada group tersendiri dan tidak dapat memindahkan beberapa layer dengan memilih layer pada kanvas, akan tetapi harus di kaitkan terlebih dahulu pada kotak layer. 

Secara keseluruhan Gimp dapat diandalkan dan akan semakin berkembang karena menggunakan lisensi GNU/GPL. Sehingga tidak menutup kemungkinan kekurangan-kekurangannya dapat tertutupi.