WinFF Aplikasi Konverter Video Gratis dan Sekelumit Tentang Video

Video merupakan media yang memiliki berbagai macam format. Sehingga banyak pula jenis pemutar video yang dibuat untuk dapat memutar dan menampilkan format video tertentu. Baik itu pemutar dalam bentuk perangkat keras atau pemutar perangkat lunak yang digunakan  untuk membuka file video dari komputer baik offline atau online (internet).

Format video digunakan untuk membedakan kualitas video atau jenis aplikasi atau perangkat dimana video tersebut dapat ditampilkan. Misalnya format video 3gp yang dapat diputar oleh ponsel dengan spesifikasi rendah.  Video secara umum terbagi atas dua jenis, yaitu analog dan digital.

Video yang memiliki kualitas lebih tinggi harus diubah atau diperkecil ukurannya terlebih dahulu agar sesuai dengan format yang mampu ditampilkan oleh perangkat tertentu. Selain itu terdapat pula jenis struktur data dari video yang sering disebut codec.

Codec memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan format video, codec dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kompresi (memperkecil ukuran video) atau dekompresi video digital.

Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan format video yaitu WinFF.

WinFF akan merubah berbagai macam file video yang umum digunakan. Tidak rumit dan sangat mudah digunakan. Proses konversinya juga tidak terlalu lama, tergantung ukuran file yang akan dikonversi.

WinFF dapat diunduh secara gratis dari website resminya http://winff.org