Shalat, Identitas Penting Seorang Muslim



Diwaktu subuh ketika suara adzan terdengar, terkadang terasa sangat berat untuk mengangkat badan, apalagi melangkahkan kaki dan menyiramkan air wudhu yang terasa sangat dingin, ditambah lagi jika rasa malas menghampiri.


Tidak sedikit yang tetap memejamkan matanya dan membiarkan waktu shalat yang sangat berharga berlalu begitu saja dengan berbagai alasan yang diada-adakan. Padahal tidak ada halangan baginya, apalagi jiwa dan raganya masih sehat. Kadang jika diingatkan justru dibalas dengan menggerutu.
Selain waktu subuh, banyak waktu shalat lain yang kadang ditinggalkan, apalagi ketika urusan dunia seakan lebih penting dari pada menghampiri suara adzan yang berkumandang.
 
Mengapa harus shalat? Mungkin ini adalah pertanyaan pertama yang muncul pada masa kecil atau ketika baru mengetahui wajibnya melaksanakan shalat lima waktu.

Agama lain memiliki ibadah rutinnya sendiri, akan tetapi jumlah waktu ibadahnya mungkin tidak serutin dengan shalat lima waktu, bahkan mungkin tidak diwajibkan pula.

Salah satu kewajiban seorang muslim adalah shalat lima waktu. Banyak sekali dalil di dalam Al-Qur'an yang menegaskannya.

Shalat menjadikan seorang hamba lebih dekat dengan Tuhannya, dimana jika seorang hamba mengingat Tuhannya maka begitupun sebaliknya ia akan diingat oleh Tuhannya.